Category Archives: Ke Luar Negeri

City Escape to Buda&Pest #8 : Gedung parlemen Hunggaria nan megah menakjubkan

Judul postingan ini memang terkesan lebay. Tapi kelebayan ini adalah akibat dari apa yang saya lihat langsung di TKP. Dan saya adalah orang yang gampang terkesima dengan bangunan dan arsitektur kuno dengan detil-detil cantik , baik itu kastil, candi , masjid, gereja atau gedung-gedung massive lainnya. Menurut saya bangunan gedung parlemen Hunggaria itu emang keren abiss, megah abiss, epic abiss, serta fairytale look abiss! I’ts huge! kalau kata pak Donald Trump 😀 .Mungkin salah satu yang termegah di dunia. Dulu sih saya cuma bisa melihat dari kartu pos atau gambar-gambar di internet. Kali ini pas ke Budapest , saya bersyukur bisa melihat secara langsung kemegahannya. Saya rasa banyak orang yang merasakan hal yang sama ketika bisa secara langsung memandang eloknya gedung országház ini.
P1130618

Langsung narsis dengan latar belakang gedung ini

Siang itu, untuk menuju ke gedung ini saya dan suami naik kereta bawah tanah jalur M2 dan berhenti di stasiun kossuth lajos tér. Selain naik metro, square parliament building ini juga bisa ditempuh dengan tram jalur 2 atau 2A. Namun siang itu juga penonton harus kecewa, karena penonton yang satu ini baru tahu kalau tiket untuk masuk ke dalam gedung megah ini terbatas per harinya. Yup yup! Pengunjung ga bisa asal beli tiket dan asal masuk seperti di museum-museum lain di kota Budapest. Pengunjung harus mengikuti guided tour terjadwal dan membuking tur tersebut sebelumnya. Alasannya tentu saja karena gedung ini kan gedung parlemen, yang masih berfungsi aktif sebagai gedung berkumpulnya wakil rakyat Hunggaria. Mungkin saking spontannya perjalanan kami waktu itu, saya sampai lupa untuk cek dan ricek informasi tentang kunjungan ke gedung parlemen. Well gapapa lah yaa, mari mengelilingi bagian luarnya saja.
Informasi kunjungan ke gedung parlemen Hunggaria, klik di : http://hungarianparliament.com/tours/   &    http://www-archiv.parlament.hu/angol/eng/leiras.htm
P1130598

Gedung parlemen dilihat dari fisherman’s bastion

Gedung parlemen ini, adalah karya seorang arsitek bernama Imre Steindl. Dibangun di tepi sungai danube pada tahun 1885 sampai tahun 1904 dengan gaya neo gothic dan ecletic. Luas gedung bercat putih ini mencapai 18000 meter persegi, dengan tinggi dome 96 meter. Di sudut-sudut gedung ini terdapat ukiran-ukiran dan patung-patung bergaya gothic yang jumlahnya mencapai ratusan. Ukiran dan patung-patung inilah yang menambah makin epicnya gedung ini.  Sebenarnya sih bagian dalam gedung ini dengan hall utama dan koridor-koridor cantiknya tak kalah megahnya. Apalagi di dalam bangunan ini juga terdapat relic berupa sebuah mahkota raja Hunggaria zaman dahulu. Sayang seribu sayang, saya hanya bisa browsing online saja.
P1130627

neo gothic + ecletic architecture

Kami lalu mengelilingi gedung ini dari ujung ke ujung. Dari bagian yang menghadap ke square sampai bagian yang menghadap ke sungai danube. Tampak beberapa petugas berseragam khusus menjaga gedung ini dengan gaya militer, seperti para petugas yang bertugas di istana presiden. Katanya sih upacara pergantian penjaga di gedung ini juga ditunggu-tunggu oleh banyak pengunjung. Ketika kami berada di square kossuth lajos, terlihat pula beberapa gedung-gedung cantik lain yang merupakan gedung kementrian pertanian dan museum etnografi Hunggaria. Sebenernya sih kami pengen banget masuk museum ini. Sayang, waktu kami hari itu terbatas banget. Kalau cuma asal masuk lalu keluar memang bisa sih, tapi kan museum seperti ini lebih asyik jika menikmatinya seharian sambil mempelajari apa yang dipaparkan di dalamnya.
P1130635
Tak puas melihat gedung parlemen ketika matahari terang benderang, malam itu juga kami kembali lagi menikmati keelokan gedung ini. Hanya saja kali ini kami menikmatinya dari lokasi yang berbeda. Kami naik metro 2 ke stasiun batthyány tér. Selain dengan kereta bawah tanah, square ini juga bisa ditempuh dengan tram no 19, 41 dan TH, serta kereta sub urban jalur D11,D12 dan SH. Square batthyány ini terletak di seberang gedung parlemen dengan sungai danube berada di antaranya. Di square ini saat sunset dan setelahnya, suasananya ramai juga. Orang-orang duduk di bangku-bangku tepian sungai sambil membawa bekal makanan dan minuman sambil nongkrong memandangi gedung parlemen. Saat malam hari, cahaya lampu yang menghiasi gedung ini menambah keelokan arsitekturnya. Pendar lampunya terbias di permukaan sungai danube, menambah suasana di square ini jadi romantis 😀 . Mumpung suasana dan lokasinya pas, yaa enaknya kami duduk-duduk pacaran aja laah. Menikmati atmosfer malam ala magical Budapest!
P1130442

After sunset dari square batthyány, cantiik banget ga sih??

 

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri

City Escape to Buda&Pest #7 : Fisherman’s Bastion

P1130590

Komplek Fisherman’s bastion dengan patung Stephen I di tengah-tengahnya

Pertama kali mendengar nama tempat di Budapest bernama Fisherman’s bastion atau yang dalam bahasa magyar disebut dengan Halászbástya , saya merasa aneh. Maksudnya apa ya? Saya berusaha menebak-nebak. Apakah ini benteng yang dijadikan pasar ikan atau benteng pertahanan para nelayan ? Ternyata setelah browsing di internet, pada abad pertengahan para nelayan mempunyai sebuah perserikatan yang kuat. Mereka menempati bagian kota Buda di sebelah utara Buda castle , sampai ke pinggir sungai danube. Mereka waktu itu juga diberi tanggung jawab untuk melindungi daerah tersebut dari para penjajah. Pada tahun 1895, dibangunlah sebuah bangunan pertahanan dengan gaya neo-gothic dan neo-roman. Bangunan ini memiliki 7 menara yang merepresentasikan 7 suku di Hunggaria yang mendiami Carpathian Basin. Karena sejarah yang panjang tentang pergerakan para nelayan tersebut, disebutlah bangunan ini dengan nama Fisherman’s bastion.

P1130584

Mattias church

Dan berdirilah kami di antara bangunan Fisherman’s bastion dan gereja Mattias. Di bawah patung perunggu Stephen I, seorang raja Hunggaria dari abad pertengahan. Letak kawasan ini tak jauh dari komplek Buda castle. Untuk menuju ke sini tinggal jalan kaki sejauh 600 meter saja dari Buda castle. Di sepanjang jalan antara ke dua tempat ini sebenarnya ada beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi , seperti museum sulap Houdini. Sayangnya karena kami sedang ngirit, ya kami ga ke situ deh. Eniwei, bangunan megah dan cantik gereja Mattias ini juga termasuk salah satu gereja terpenting di Budapest. Gereja tua ini mulai dibangun pada tahun 1050 dengan gaya roman. Pada abad ke 14 gereja ini dirombak dengan gaya gothic, yang bisa kita lihat sampai sekarang. Waktu itu sedang ada acara sakramen pernikahan di dalamnya, jadi gereja tersebut ditutup untuk wisatawan. Kami menunggu sampai acara pernikahnnya selesai, tapi gerejanya tetap ga dibuka untuk umum sepanjang sore itu. Jadi kami hanya bisa mengagumi keindahan arsitekturnya dari luar saja.
P1130594

Komplek teras dan tangga di fisherman’s bastion

P1130609

Menara tertinggi di fisherman’s bastion, ternyata di dalamnya restoran

Untuk memasuki teras Fisherman’s bastion di sisi yang menghadap ke sungai danube, ternyata pengunjung harus membayar tiket sebesar 800 huf atau sekitar rp 45000. Pemegang Budapest card hanya diberikan diskon 10%. Lagi-lagi karena ngirit, kami menjelajahi sisi benteng yang gratis-gratis saja. Komplek benteng dan terasnya ini konon katanya dikenal sebagai tempat terbaik untuk memandang bangunan gedung parlemen Huggaria yang berada di seberang sungai. Salah satu gedung parlemen tercantik dan termegah di dunia. Mungkin karena hal tersebut, komplek benteng ini terkesan komersial dengan adanya restoran-restoran dan kafe-kafe mahal yang menempati sebagian besar bangunannya. Pengunjung yang rela mengeluarkan uang lebih biasanya akan memilih untuk nongkrong atau makan di salah satu restoran ini dengan view menakjubkan di seberangnya. Kami tak berlama-lama di kawasan ini, dan langsung turun mencari stasiun metro terdekat untuk kembali ke kota Pest. Tampaknya kami agak pusing dengan bejibunnya turis di tempat ini, padahal kami turis juga kan yaa? 😅 Turis kok pusing lihat turis *ehhh.
P1130593

pemandangan gedung parlemen Hunggaria dari balik cafe 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri