What’s in my backpack

Barang-barang ala backpacker ala Kelanakecil.
Me and my backpack

Me and my backpack

Sebagai seorang pejalan dan pekerja lapangan yang sering berpindah tempat beberapa hari sekali, saya mempunyai barang-barang khusus yang saya pack ke dalam tas deuter futura 35 liter. Saya membeli backpack ini pada tahun 2009 dan sampai sekarang masih awet dan kuat. Ukuran 35 liter sangat pas untuk saya. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Mau satu minggu atau 3 bulan barang-barang yang saya pack sama saja. Berikut merupakan isi tas carrier saya :

  1. Pakaian + Baju Renang + Jaket. Biasanya saya membawa 6 buah atasan dan 4 buah bawahan plus underwear dunk yes. Saya mengepacknya dengan cara digulung.
  2. Handuk kecil . Saya biasanya hanya membawa 2 handuk kecil seukuran handuk good morning karena lebih cepat kering dan mudah dicuci. Saya tidak suka menggunakan sejenis kanebo untuk handukan karena saya merasa tidak nyaman.
  3. Sarung pantai. Menurut saya kain pantai itu multiguna. Bisa dipakai buat handukan, bisa dipakai buat alas duduk dipantai, bisa dipakai untuk selimut atau bisa dipakau untuk sarungan dan lain-lain.
  4. Toiletries. Isinya adalah sabun yang sekalian bisa jadi shampo, sabun muka, sikat gigi lipat dan pasta gigi dimasukkan ke dalam kantong bekas sandal eiger. Hayo ngaku pasti banyak yang melakukan ini? Saya juga mengepack hand body lotion, lotion muka, lotion nyamuk, sun block, tissue basah, cottong buds, lip balm, deodoran, sisir dan cermin kecil.
  5. Sleeping Bag. Sebagai seorang pekerja nomaden yang terkadang mendapatkan basecamp tanpa tempat tidur ini hal yang paling wajib saya bawa supaya tidur saya tetap nyaman dan aman. Sleeping bag bisa digunakan sebagai alas tidur atau disarungkan jika cuaca dingin. Biasanya saya lebih suka sleeping bag saya beralaskan kardus karena terasa lebih hangat dan empuk.
  6. P3K / First Aid. Kantong P3K saya isinya minyak angin, counter pain , kapas, betadine dan plester serta obat-obatan pribadi saya
  7. Bantal Tiup. Supaya tidur lebih nyaman saya selalu membawa bantal berbahan karet plastik dengan permukaan beludru yang praktis tinggal tiup saja jika ingin memakainya. Benda ini biasanya bisa tahan selama 2 tahun.
  8. Blow hanger / Bubble hanger + Jepit pakaian. Waktu itu saya dapat warisan blow hanger nan praktis ini dari Laura, traveler dari Swiss. Hanger tiup ini tinggal disebul saja jika ingin digunakan. Sayangnya di Indonesia saya belum pernah melihat barang seperti ini dijual di adventure store. kalau ada saya benar-benar ingin membeli lagi. Saya juga membawa beberapa buah jepit pakaian untuk jemuran saya.

    My practical bubble hanger

    My practical bubble hanger

  9. Gelas lipat/ gelas plastik tupperware. Gelas lipat bisa didapatkan di fancy store. Benda ini fungsinya cukup lumayan lah buat ngeteh atau ngopi di alam. Packingannya yang kecil membuat benda ini praktis dibawa ke mana saja.
  10. Ember Lipat. Saya terkadang mendapatkan base camp rumah kosong yang ga ada apa-apanya. Benda ini sangat berguna demi kebaikan baju-baju kotor saya. 

    Ember lipat

    Ember lipat

  11. Senter Kepala. Penerang di antara gelapnya gulita malam ketika mati lampu atau mati listrik karena genset kehabisan bensin.
  12. Kompas. Saya juga ga tau kenapa saya bawa kompas. Kalau saya pas benar-benar kesasar saya hanya menggunakan google map atau aplikasi GPS dari HP saya. Terkadang malah institusi yang mempekerjakan saya memang membekali saya dengan GPS canggih. Saya cuma punya semacam phobia kecil yaitu di mana saya menginjakkan kaki saya harus tahu arah. Mana barat mana timur mana utara mana selatan😀 .
  13. Pisau lipat serbaguna. Benda wajib ketika hidup liar dan nomaden.
  14. Spork a.k.a sendok sekaligus garpu dan pisau plastik.Benda kreatif yang diciptakan oleh orang Jepang yang praktis dibawa saat traveling.
  15. Plug, Adapter dan Charger multifungsi. Lain negara biasanya mempunyai plug yang berbeda jenisnya jadi lebih baik sebelum pergi ke negara tujuan pelajari dulu colokannya seperti apa.
Selain benda-benda di atas yang sudah saya miliki, saya juga punya whislist nih! Pengen banget punya benda-benda di bawah ini sebagai pelengkap traveling saya.
  •  Hammock
  • Matras angin
Ya saya memang belum punya hammock dan matras angin, ada yang mau menyumbang ?😀
  • Portabel solar panel

    Solar panel portabel untuk traveling

    Solar panel portabel untuk traveling

Daripada menggunakan power bank saya lebih suka menggunakan portabel solar panel karena benda ini sangat praktis digunakan di tempat yang tidak ada listrik sama sekali.

2 responses to “What’s in my backpack

  1. Ya ampun pertama kalinya aku liat solar panel portabel. Fungsinya untuk ngecash kah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s